Eksplor Wisata, Cara Mahasiswa UNU STAI Salahuddin Pasuruaan Wujudkan Desa Ekonomi Kreatif

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Gempol, NU Pasuruan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Pasuruan dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin  menggelar eksplor wisata desa, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Desa yang di ekspor adalah Desa Randupitu yang memiliki tiga dusun diantaranya Dusun Gesing, babat dan Randupitu.

Eka Widya Dosen UNU Pasuruan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memetakan potensi desa, sehingga menuju desa  ekomoni kreatif berbasis sampah.

“Salah satu progam dari mahasiswa KKN adalah menjadikan desa ekonomi kreatif berbasis sampah,” ujarnya kepada NU Pasuruan, Senin (8/07/2024).

Sementara Suudin Zuhri selaku perangkat desa mengatakan, Dusun Gesing Peres di gadang gadang sebagai desa yang menghasilkan dan menandon oksigen, karena di dalamnya terdapat banyak tanaman hijau dan tanaman toga.

Baca Juga :   Cegah Stunting dengan Nugget Ikan Kembung Karya Mahasiswa ITSNU Pasuruan

“Kebanyakan masyarkat gesing peres memiliki kelompok ternak  sehingga bisa memanfaatkan kotoran sapi untuk media tanam,”terangnya.

Menurutnya Desa Randupitu juga memiliki Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di Kawasan Babat yang dikelola dengan baik oleh komunitas Pemuda Peduli Sampah (Pempes), sehingga nanti dapat di pisahkan antara sampah organik yang dapat di olah menjadi kompos atau pakan magot

“Kendala kami adalah mengelola sampah organik maka dari itu kami berharao dengan adanya  mahasiswa KKN dapat mengolahnya dengan baik,” paparnya.

Salah satu peternak wahid mengatakan, selain kotoran hewan warga juga memanfaatkan limbah pertanian seperti sekam padi, kulit kopi, kulit gandum serta limbah pabrik berkonsentrasi tinggi, yang di fermentasi untuk pakan sapi dan pakan kambing.

Baca Juga :   Masih Masa Pendemi, P3M STAIS Pasuruan Luncurkan KKN TAHAN COVID-19

“Semua limbah pertanian akan kami kelolah kembali agar menjadi manfaat,” jelasnnya.

Penulis : Fatmatul Jannah

Editor : Mokh Faisol


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca