Mahasiswa ITSNU Pasuruan Manfaatkan Limbah Cangkang Kerang Jadi Bahan Paving Block

0

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Kraton, NU Pasuruan
Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan yang tergabung dalam kelompok 14 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) membuat Paving Block berbahan limbah cangkang kerang di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Penanggung Jawab Kegiatan Rudi Kurniawan menjelaskan, limbah cangkang kerang di desa Kalirejo belum dimanfaatkan secara maksimal. Biasanya hanya dijadikan bahan pondasi rumah oleh warga.

“Sisanya ditumpuk begitu saja. Waktu terus berlanjut, jadilah gunungan limbah kulit kerang dan tidak terkendali,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Senin (21/02/2022).

Ia juga menyebutkan, penelitian Shinta Marito Siregar (2009), ditemukan dalam cangkang kerang menggandung senyawa kimia yang bersifat pozzolan yang mengandung zat kapur, alumina, dan slica yang berguna untuk mereduksi semen.

Baca Juga :   Membangun Literasi Gizi, Mahasiswa Biologi ITS NU Pasuruan Gelar Lomba Poster

“Sehingga penggunaan cangkang kerang ini sangat cocok digunakan sebagai bahan campuran paving yang berbahan dasar pasir dan semen,” tuturnya.

Dirinya juga menuturkan, pembuatan paving itu mengacu pada penelitian Alfred Edvant Liemawan dkk pada tahun 2015. Sehingga cangkang kerang yang ditambahkan sebanyak 7% dari semen yang digunakan.

“Keunggulan paving yang ditambahkan serbuk kulit kerang memiliki banyak keunggulan. Diantaranya semakin lama umur paving. Karena peningkatan kekuatan paving,” pungkasnya.

Untuk itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Kalirejo Zainul Arifin, mengucapkan terimakasih atas pemikiran/ide mahasiswa KKNT ITSNU Pasuruan. Sehingga kami mempunyai inovasi dalam hal mengolah kulit kerang.

Baca Juga :   Menengok Keseruan Kegiatan Mahasiswa KKN UNU STAI Salahuddin di Tengah Masyarakat

“Semoga dengan adanya produk yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk masyarakat kalirejo,” imbuhnya.

Penulis: Naufal Farikhan
Editor: Makhfud Syawaludin


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca