Menyaksikan Sedekah Desa Saat KKN, Ini Catatan Mahasiswa STAIS-ITSNU Pasuruan

0

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Lumbang, NU Pasuruan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan yang tergabung di kelompok 6 memiliki kesan saat mengikuti kegiatan masyarakat di lokasi KKN.

“Warga desa tetap berpegang teguh kepada budaya leluhur. Jujur saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari Sedekah Desa di Desa Lumbang,” imbuh Muh Chaziq Habiburrohman kepada NU Pasuruan, Senin (14/8/2023).

Dirinya juga menjelaskan, Sedekah Desa dilaksanakan pada 1 Suro, Jumat (21/7/2023). Acara dimulai usai Shalat Jumat dengan iring-iringan Ancak atau gunungan hasil bumi yang isinya beragam. Mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran hingga makanan pokok dan makanan siap konsumsi.

Baca Juga :   Kompleks RSNU Pasuruan Jadi Lokasi Halalbihalal PCNU

“Ancak yang sudah didoakan oleh Tetua Adat akan diperebutkan warga desa. Guyub rukun,” tutur Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) itu.

Sementara itu, Ibu Kepala Desa Lumbang Sukarsih menambahkan, bahwa Sedekah Desa merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang diperoleh warga desa.

“Semoga desa semakin maju dan makmur kedepannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, rangkaian Sedekah Desa setelah Ancak adalah Tradisi Ujung. Aksi duel dari dua orang yang melakukan aksi saling memukul menggunakan rotan. Tentunya didampingi seorang wasit.

Sedangkan di malam hari, digelar Tayuban. Acara pentas seni musik dengan langgam jawa yang dipandu oleh Sinden. Tayuban biasanya berlangsung sampai tengah malam.

Baca Juga :   Wujudkan Keluarga Maslahat, NU Pasuruan Bentuk Satgas dan Kader GKMNU

Penulis : Nur Fadil

Editor: Makhfud Syawaludin


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca