Melalui Wisata Organisasi ISNU Pasuruan Tekan MoU dan Riset di Pondok Pesantren Rakyat Al Amin

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Pohjentrek, NU Pasuruan

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pasuruan menggelar acara wisata organisasi di Pondok Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung, Kabupaten Malang, Kamis (23/5/2024).

Ketua PC ISNU Kabupaten Pasuruan Ahmad Adib Muhdi mengaku terinspirasi dengan konsep pesantren rakyat yang di kelola oleh Ketua PC ISNU Kabupaten Malang KH Abdullah SAM.

“Kami ingin mengetahui konsep pesantren rakyat Al-Amin, tetapi fasilitas gratis berkualitas,”ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwasanya untuk mengetahui konsep tersebut ISNU Pasuruan harus berwisata agar bisa menerapkan program program yang akan di tiru dan modifikasi.

“Pesantren rakyat Al-Amin merupakan pesantrean mandiri kita ingin mengetahui agar ISNU Kabupaten Pasuruan mandiri,” ujar Ketua Yayasan Assolah Kejeron, Kabupaten Pasuruan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Ketua PC ISNU Kabupaten Malang KH Abdullah SAM mengatakan, Pondok Pesantren Rakyat Al-Amin merupakan pesantren yang didirikan pada 2008 silam. Sejak awal berdiri, pesantren pakyat menggratiskan biaya santri yang ingin mondok di lembaga tersebut.

Baca Juga :   Siap Mengabdi, Ratusan Santri Al-Yasini Ikut Pembekalan P2S

“Walau dikenal sebagai pondok yang gratis, tetapi fasilitas dan konsep pendidikan yang ada di pesantren dengan kurikulum, berdasar pada local wisdom masyarakat,” jelas Pengasuh Pondok Pesantren Rakyat Al Amin tersebut.

Oleh karena itu, tak heran jika pesantren yang pernah meraih predikat pemberdayaan terbaik nasional pada tahun 2015 itu memiliki gagasan yang out of the box. Ada program takhasus kitab kuning cepat, program fakultatif seperti kelas musik gamelan, pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Banyak akademisi kampus yang berkunjung ke pesantren rakyat. Tercatat, lebih dari 600 kampus dan 200 profesor telah berkunjung ke Al Amin,” tambahnya.

Menurutnya saat ini PC ISNU Kabupaten Malang tengah fokus pada program upgrading baik pemberian beasiswa kepada guru guru S2 serta pemberdayaan kambing.

Baca Juga :   ISNU Pasuruan dan Pemkab Pasuruan Gelar MoU Implementasi Perguruan Tinggi

” Selanjutnya, pemberdayaan dengan pemberian kambing di beberapa kecamatan, upgrading jurnalistik dan IT berupa podcast, dan upgrading politik seperti sekolah politik,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut ISNU Kabupaten Pasuruan juga menggelar
Memorandum of Understanding (MoU) bersama ISNU Kabupaten Malang terkait publikasi.

Penulis : Mokh Faisol


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca