Peduli Pesantren, Gus Bupati Pasuruan Raih Penghargaan dari NU Online Jatim

0

Gus Bupati Pasuruan H Muhammad Irsyad Yusuf saat menerima penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren tahun 2021 dari NU Online Jawa Timur, Kamis (25/11/2021). (Foto: NUPas/Makhfud Syawaludin).

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Pohjentrek, NU Pasuruan
Bupati Pasuruan H Muhammad Irsyad Yusuf mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren tahun 2021 dari NU Online Jawa Timur.

Penghargaan itu serahkan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar dalam kegiatan Webinar dan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) ke 2 NU Online Jatim di Studio UBTV Universitas Brawijaya, Jl Veteran Ketawanggede Kec. Lowokwaru Kota Malang, Kamis (25/11/2021).

Gus Bupati menceritakan bahwa periode pertamanya tahun 2013-2018, salah satu misi yang diusung dalam kepemimpinannya adalah berkomitmen untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berdaya saing melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan yang berbasis sekolah formal dan pondok pesantren.

“Salah satu misi saya adalah bagaimana menyetarakan pendidikan formal dengan pendidikan non formal, termasuk pesantren,” ujarnya kepada NU Pasuruan usai menerima penghargaan itu, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga :   PCNU Kab. Pasuruan Beri Penyuluhan & Desinfeksi Santri Pasuruan Asal Daerah Lain yang Pulang

Dirinya juga mengungkapkan misi periode keduanya, salah satunya melanjutkan komitmen terhadap pesantren, dengan meningkatkan pelayanan dasar terutama pelayanan kesehatan, permukiman dan pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan formal dan non formal sebagai wujud afirmasi pendidikan karakter di Kabupaten Pasuruan.

Ia juga menjelaskan salah satu jargon atau program inovasi daerah Pelasan, pelatihan santri. Yakni dengan menumbuh kembangkan wirausaha di kalangan santri berdasarkan potensi unggulan di masing-masing wilayah pesantren.

“Jadi jelas, penyebutan itu jelas. Tentu ini menjadi payung hukum bagi dinas-dinas untuk memberikan perhatian khusus kepada pesantren,” pungkas Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jawa Timur itu.

Penghargaan tokoh inspiratif peduli pesantren itu juga diberikan kepada H Maskuri Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Nuhfil Hanani AR Rektor Universitas Brawijaya Malang, Ainul Masruroh, Rektor Universitas Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Ahmad Jazidie Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa).

Baca Juga :   Sukses Resmikan Gedung Ponpes Hidayatulloh Tampung, Bupati Pasuruan Kenalkan Program Pelasan

Kemudian H Mas’ud Said Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim, Afif Amrullah Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim, Tri Wahyu Sarwiyata Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, dan H Thoriqul Haq Bupati Lumajang.

Penulis: Makhfud Syawaludin


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca