Kiai Imron: Pengurus Masjid Harus Mampu Masifkan Pendidikan Diarea Masjid

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Sukorejo, NU Pasuruan

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar istighosah rutin Juma’at Legi, di Masjid Al Mukhlisin, Jum’at, (24/05/2024). Dalam acara tersebut KH Imron Mutamakkin mengajak pengurus masjid untuk masifkan gerakan masjid agar pendidikan agama berjalan.

“Mari kita bersama sama menggerakkan masjid untuk menggerakkan pendidikan bukan hanya anak anak kecil tetapi untuk yang tua,” ujarnya.

Lebih lanjut Gus Ipong sapaan akrabnya mengatakan, tugas utama NU adalah menjaga akidah dan syariat Islam sebagai mana visi misi NU.

“Adanya NUmbasmat dan Rumah Sakit NU hanyalah bagian dari NU namun tugas sesungguhnya adalah menjaga akidah syari’at Islam,” tambahnya.

Menurutnya takmir masjid harus bisa menggerakkan masyarakat karena saat ini minat belajar agama dalam lingkungan masyarakat sangat kurang oleh karena itu masjid merupakan tempat yang menggerakkan.

Baca Juga :   RMINU dan LDNU Pasuruan Gelar Penutupan Safari Pesantren

“Mari bersama sama mengerakkan masjid masjid minimal mengadakan pengajian rutin,” tendasnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Besuk tersebut mengatakan, zaman sekarang ini banyak sering mendengarkan pengajian cuplikan karena yang nyuplik tidak mengerti. Jika sambungannya tidak di ambil maka tidak mengetahui belakanganya.

“Sekarang ini pengajian kitab kuning sudah jarang diminati oleh masyarakat kebanyakan mereka suka mendengarkan kajian yang isinya di ulang ulang,” ungkapnya.

Dirinya berharap setiap masjid memiliki jadwal pengajian rutin baik fiqih, tafsir dan lain sebagainya sudah terjadwal beserta yang mengisi.

Baca Juga :   Lebaran, Ranting NU Jarangan Jaga Penyeberangan di Lintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

“Saya berharap disetiap masjid ada jadwal pengajian rutin sebagai mana yang terpampang di masjid besar dan ustadnya alumni pondok pesantren sudah cukup,” tutupnya.

Penulis : Mokh Faisol


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca