Menengok Keseruan Kegiatan Mahasiswa KKN UNU STAI Salahuddin di Tengah Masyarakat

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Kraton, NU Pasuruan

Belum genap satu pekan keberadaan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin di tangah masyarakat Kabupaten Pasuruan sebagian besar sudah di rasakan khsusunya mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dalam menjalankan KKN Kolabortif ini mereka harus menjalankan visi misi NU yakni memberi manfaat kepada masyarkat apapun bentuknya. Salah satu bentuk khidmah mahasiswa KKN UNU STAI Salahuddin Pasuruan yakni bersih bersih madrasah dan membantu pemerintah desa.

Bersih Bersih Madrasah

Tim Posko 14 KKN UNU STAIS Pasuruan menggelar kerja bakti di Madrasah Diniyah (Madin) Nurul Huda di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Selasa (09/07/2024).

Warda mahasiswa UNU STAI Salahuddin Pasuruan mengatakan, aksi bersih  bersih ini meliputi membersihkan kantor  ruang guru, halaman madrasah dan mensucikan teras madrasah yang banyak kotoran ayam.

“Kegiatan bersih – bersih lingkungan dilaksanakan guna menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman dan kondusif,” ujarnya.

Menurutnya aksi bersih bersih yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian agar para siswa bisa belajar dengan baik  dan nyaman untuk menuntut ilmu.

Baca Juga :   Raih Gelar Doktor, Sekretaris Maarif NU Pasuruan: Ini Keberhasilan Orang Tua

“Kurangnya kesadaran siswa dan fasilitas sekolah menyebabkan banyaknya sampah berserakan dimana  mana,” terangnya.

Dirinya berharap setelah aksi bersih bersih tersebut di diharapkan para siswa dapat menjaga lingkungan dan menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Semoga para siswa dapat menjaga kebersian sehingga nyaman dibuat belajar,” harapanya.

Pelayanan di Balai Desa

Selain bersih bersih, Mahasiswa KKN UNU STAI Salahuddin diminta untuk membantu pelayanan terpadu di Balai Desa Kejapanan Kecamatan Gempol. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari aktivitas yang di laksanakan selama KKN berlangsung.

Kepala Desa Kejapanan  Randy Saputra mengatakan, pelaksanaan kegiatan bantuan pelayanan administrasi masyarakat di Kantor Desa Kejapanan oleh mahasiswa dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan sebelumnya.

“ Setiap harinya akan ada beberapa mahasiswa yang akan bertugas untuk membantu khususnya dalam pelayanan administrasi desa yaitu membuat surat yang dibutuhkan masyarakat seperti mencatat surat pindah, menempel KTP, surat usaha dan mencatat SKCK,” imbuhnya.

Baca Juga :   KH Imron Mutamakkin : KKN Ajang Mengintifa'kan Ilmu

 Mahasiswa UNU STAI Salahuddin Pasuruan Rofiatul Winda mengatakan, mahasiswa KKN diberi tugas untuk membantu menyelesaikan tugas administrasi, pastinya tetap dalam pengawasan dan bimbingan dari perangkat desa.

“Dengan membantu kegiatan pelayanan di Balai Desa membuat saya tahu perihal administrasi seperti proses pembuatan surat pindah, SKCK dan banyak lagi” terangnya.

Penulis : Eki Puspita Ariyanti , Ilmiah

Editor : Mokh Faisol


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca