Puluhan Pelajar NU Lumbang Ikuti Seminar Jurnalisme Digital

0

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Pimpinan Anak Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PAC ISNU) Kecamatan Lumbang menggelar seminar Jurnalisme Digital, di Aula SMA Maarif Nahdlatul Ulama Miftahul Ulum Cukurguling Lumbang, Sabtu siang (26 Februari 2022)

Seminar ini diikuti 40 Pelajar Ma’arif NU yang terdiri dari kelas 10, 11 dan tingkat 12. Selain dalam rangka memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-99, seminar tersebut bertujuan mengajak kader NU milenial paham jurnalisme digital.

Ketua PAC ISNU Lumbang Purnawirawan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan mewadahi minat pelajar NU dalam bidang jurnalistik. Mengingat, ilmu jurnalistik juga sebagai jawaban atas tantangan perkembangan di era digital saat ini.

“Dengan bekal ilmu jurnalistik, para kader diharapkan mampu menyebarkan aura dan kegiatan positif melalui berbagai media,” katanya.

Sejumlah materi seputar jurnalisme digital diberikan kepada peserta seminar. Diantaranya pengetahuan dasar berita online yang disampaikan oleh jurnalis Jawa Pos, Muhajirin Yusuf.

Di seminar ini, peserta juga diajak untuk memanfaatkan media sosial guna menangkal gerakan pihak-pihak yang berupaya menjatuhkan NU melalui dunia maya.

Baca Juga :   Semarak Heroik Warnai Penutupan Hari Santri 2023 Ma'arif NU Pasuruan

“Minimal kita punya akun media sosial Tiktok, Instagram dan Youtube, untuk memastikan kita siap menangkal konten negatif dan siap membanjiri medsos dengan konten kita,” terang pria yang juga aktif menulis berita online di nupasuruan.or.id

Muhajirin menambahkan, kader-kader NU harus aktif di media sosial guna menghadapi tantangan zaman. Hal itu berkaitan dengan literasi ke-Nu-an guna menghadapi tantangan zaman yang serba milenial seperti sekarang ini.

“Kegiatan-kegiatan di lingkungan NU seperti sekolah Maarif ini juga harus sering di publikasikan sebagai sarana syi’ar melalui media digital,” jelasnya.

Selain itu, Kepala SMA Maarif NU Miftahul Ulum Cukurguling Ustadz Zaenal, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi positif dan berharap dengan adanya seminar yang digagas oleh PAC ISNU Lumbang itu. Karena para siswanya dapat memahami dan dapat mengaplikasikan hasil dari pelatihan tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan, kalian semua bisa menjadi jurnalis handal dimasa yang akan datang. Oleh karenanya, jangan berputus asa, meski kalian berasal dari desa,” katanya kepada peserta seminar saat pembukaan.

Baca Juga :   Tutup Program Kerja Pimpinan Cabang, ISNU Kab. Pasuruan Bagi Baju Koko Untuk Pengurus

Ketua Pimpinan Cabang ISNU Kabupaten Pasuruan Ahmad Adip Muhdi yang turut hadir dalam seminar mengungkapkan pentingnya jurnalistik di era sekarang khususnya bagi pelajar NU. “Para pelajar NU sekarang harus paham digital khususnya dalam dunia jurnalistik sebagai salah satu cara mensyiarkan NU kepada masyarakat luas,” ucapnya.

Peserta seminar juga mendapatkan suntikan motivasi dari Ustadz Munir selaku Ketua Tanfidziyah MWC NU Lumbang, untuk belajar menulis buku.


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca